Senin, 12 Januari 2015

Hari hari ini aku bingung dengan cara pandang masyarakat dan penghuni facebook pada umumnya. Orang-orang mulai mendesak Organisasi Kemasyarakatan yang aku dimana aku menjadi salah satu warga di dalamnya. ORMAS bergerak di bidang sosial budaya tetapi selalu diisukan ke masalah agama. Lucu kan ?


Sekiranya gambar di atas ini jelas bahwa ajaran dari Abraham yang menjadi dasar dari ORMAS tempat aku beraktifitas ini berbeda dengan ajaran agama. Dimana ajaran Abraham mengajarkan untuk beraktifitas dan berusaha untuk menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi ajaran agama hanya mengajarkan untuk berdoa tanpa adanya usaha dan berhayal akan ada hal ajaib yang akan terjadi.

Miris memang, karena aktifitas ORMAS yang begitu mengundang simpati masyarakat sehingga banyak yang iri dan mengisukan hal-hal negatif kepada ORMAS. Sebutlah namanya adalah GAFATAR, Gerakan Fajar Nusantara.

Dalam websitenya, terlihat jelas aktifitas dan aksi sosial yang diselenggarakan. Gak heran jika banyak orang-orang yang kemudian iri dengan ORMAS ini. Banyak pertanyaan yang menjebak seperti pada gambar berikut :


Datu Wiryawan adalah pengguna facebook yang sering menggiring opini bahwa GAFATAR bergerak di bidang agama dan cenderung untuk menjebak warga GAFATAR di facebook untuk salah menjawab pertanyaan sehingga warga GAFATAR menjadi melanggar pasal subversif tentang penistaan agama. Jelas-jelas pertanyaannya menggiring.

Pada blog ini saya akan mencoba menjawab pertanyaan beliau sehingga tidak lagi diulang-ulang dan tidak lagi terkesan menutup nutupi. Dan perlu diingat, saya menjawab pertanyaan Datu Wiryawan ini atas dasar pribadi. Apabila ingin secara organisatoris, silakan temui saya di kantor GAFATAR yang jelas-jelas alamatnya ada pada website resmi di http://www.gafatar.or.id

1. Bagaimana ajarannya?
Ajaran apa ? ajaran GAFATAR ? yang namanya organisasi, pasti memiliki visi dan misi untuk tujuan masa panjangnya. 


A s a s

 GAFATAR adalah Organisasi kemasyarakatan yang berasaskan Pancasila.

V i s i

 Terwujudnya tata kehidupan masyarakat, bangsa dan negara yang damai sejahtera, beradab, berkeadilan dan bermartabat di bawah naungan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas, serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rahmat bagi semesta alam.

M i s i

 Memperkuat solidaritas, kebersamaan, persatuan, dan kesatuan khususnya antar sesama elemen bangsa Indonesia serta dunia pada umumnya. Selain itu, juga memupuk saling pengertian dan kerja sama antar sesama lembaga yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap upaya perdamaian dan kesejahteraan dunia.

program kerja, silakan kunjungi ke link berikut : program kerja
2. Siapa tuhannya?
Tuhan Pencipta langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, jika anda mempercayai-Nya

3. Siapa nabinya?
Seperti pertanyaan di alam kubur. Nabi, berasal dari bahasa arab Naba' yang artinya berita besar. Nabi berarti orang yang membawa kabar berita besar dari zaman dahulu sampai sekarang. dari Adam sampai nabi di akhir zaman yang selalu membawa berita besar.

4. Apa yang dipercayai dan di imani?
Percaya dengan kebenaran.

5. Kitabnya seperti apa?
Kitab artinya kan buku atau bacaan. apa perlu dijelaskan bagaimana bentuk buku ?

6. Bagaimana cara menyebarkannya?
Menyebarkan apa nih ? menyebarkan GAFATAR ? ya dengan cara melakukan edukasi kepada masyarakat dan bersama-sama melakukan bakti sosial kepada masyarakat. Atau dengan cara berdialog.

7. Apakah mengimani Alquran?
Ya. saya mengimani Al-Qur'an. Bahkan tidak sebatas mengimani saja, tetapi justru mempelajari dan menjadikan Al-Qur'an ini dasar untuk beraktifitas. Jika anda meragukan argumen saya, coba tunjukkan ayat Al-Qur'an yang bertentangan dengan aktifitas GAFATAR. saya jamin anda tidak akan menemukannya.

8. Apakah wajib Sholat dan melakukan ibadah seperti Muslim?
Itu urusan agama anda. Bagi warga GAFATAR tidak ditentang untuk melakukan ibadah maupun ritual agamanya. dan GAFATAR tidak ikut campur dalam ibadah agama para warganya. Karena di GAFATAR tidak hanya ada orang islam. ada agama lain dah ada aliran kepercayaan di dalamnya.

9. Siapa ahmad musadeq itu, apa peranananya? 
Beliau adalah guru spiritual dan penasehat dari aktifitas GAFATAR. Apakah ajaran Ahmad Musadeq ini buruk atau baik ? anda lihat aktifitas GAFATAR. Dari donor darah, cek kesehatan gratis, bersih lengkungan itu semua ajaran dari beliau, silakan anda nilai.

10. Mengapa tidak diperbolehkan menggunakan bahasa arab dalam lingkup Gafatarian?
Bukan tidak diperbolehkan. Akan tetapi, GAFATAR adalah Gerakan Fajar Nusantara. Bukan Gerakan Fajar Arab. Ya lebih condong ke tempat dimana GAFATAR berada. Masa di Indonesia memakai bahasa arab. apakah yang diajak ngomong nanti bisa memahami apa yang dibawa ?


Semoga yang membaca tulisan ini telinganya tidak tuli, matanya juga tidak buta sehingga dibukakan pintu hidayah kepada pembaca.

2 komentar: